PERSONAL KOMPUTER


A. PENGERTIAN KOMPUTER

Komputer adalah alat elektronik yang terdiri dari input,proses dan output yang berfungsi untuk mengolah data menjadi informasi. 

B. SEJARAH KOMPUTER

1. Komputer Generasi Pertama
   Banyak memakai tabung hampa udara dengan ukuran yang sangat besar hingga memenuhi satu ruangan. Komputer generasi pertama dinamakan ENIAC & hanya mampu menyimpan data sedikit.

2. Komputer Generasi Kedua
 Penggunaan tabung hampa diganti dengan transistor. Lebih menghemat tempat & daya. Sejak generasi ini juga bermunculan bahasa pemograman seperti Cobol, Algol, dan Fotran. Ukurannya sebesar meja kerja & mampu menyimpan data lebih banyak. Komputer generasi ini dinamakan UNIVAC.

3. Komputer Generasi Ketiga
  Pada generasi ini penggunaan transistor diganti dengan IC, ukuran komputerpun semakin kecil. Kemajuan SO yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program secara bersamaan.

4. Komputer Generasi Keempat
 Ditandai dengan munculnya LSI (Large Scale Integration). Dimana ini dapat memuat ratusan komponen dlm sebuah chip. Dan terus dikembangkan hingga lahirlah VLSI (Very Large Scale Integration yang dapat memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

5. Komputer Generasi Kelima
 Fitur fitur yang semakin banyak, pemprosesan informasi yang semakin cepat, Kemampuan multimedia yang jauh lebih baik, Ukuran komputer yang semakin kompak & minimalis menandai komputer generasi Kelima ini.

Klasifikasi Komputer

a. Komputer Analog
b. Komputer Digital
c. Komputer Hibrid
d. Komputer Kegunaan Khas
e. Komputer Kegunaan Am
f. Komputer Utama/Server
g. Mini Komputer
h. Mikro Komputer

C. PERANGKAT KERAS

1. Arsitektur Komputer
    Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan & struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene,dll.

    Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori :
    - Setinstruksi (ISA)
    - Arsitektur mikrodari ISA, dan
    - Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.

2. Perangkat Keras Komputer
    perangkat keras/hardware adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yg berada di dalamnya atau yg beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak(software) yg menyediakan intruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

3. Pemrosesan Komputer
  CPU berperan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi sistem komputer. Unit aritmatika & logika/ ALU (Arithmetic Logic Unit). adalah alat yg melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan,pengurangan,dll). Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yg dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanakan dan mendapat kembali informasi ( dari memori) yg diperlukan untuk melaksanakan perintah itu & memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yg sesuai.

D. KOMPONEN HARDWARE

1. Motherboard
papan sirkuit yg ditempeli dengan CPU, memori utama,video card,RAM, serta berbagai komponen lain yg mendukung kinerja suatu komputer.

2. VGA (Video Graphics Array)
sebuah standar tampilan komputer analog yg dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987.

3. RAM (Random Access Memory)
sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tepat tidak memperdulikan letak data tsb dalam memori. RAM ini bersifat sementara.

INPUT- OUTPUT

adalah bagian dari sistem mikroprocessor yg digunakan oleh mikroprocessor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.

-Unit Input adalah unit luar yg digunakan untuk memasukkan data dari luar kedalam mikroprocessor ini. contohnya data yg bersal dari keyboard/mouse.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.